Menengok Tempat Wisata Bersejarah di Jogja (Museum Benteng Vedeburg)

 

Jika kalian Berkunjung ke Nol Kilometer Jogja pastilah kalian menemui sebuah bangunan khas peniggalan belanda yang dikelilingi oleh tembok besar di sebelah timur laut. Itu adalah Museum Benteng Vrederburg. Museum yang berisi mengenai sejarah-sejarah indonesia pada masa penjajahan hingga meraih kemerdekaan. Dahulu kala Museum Beteng Vrederburg dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1760 atas permintaan Belanda yang berniat licik ingin mengetahui seluk beluk perkembangan Kraton dengan dalih demi keamanan Kraton. Fyi dulunya Kraton Kasultanan Jogja sama Kraton Kasultanan Solo jadi Satu namanya Kraton Kraton Kasultanan Mataram Islam. Karena siasat licik Belanda lah kraton menjadi terpisah.

Setelah keduanya yaitu Kraton dengan Belanda timbul perpecahan maka Benteng Vrederburg menjadi  basis pertahanan Belanda, dan dibangun parit disekelilingnya. Pada mulanya benteng Vredserburg diberi nama Benteng Rustenburg. Dan menurut sejarah yang tercatat fungi benteng ini berubah ubah sebelum akhirnya menjadi Museum. Tahun 1760-1830 digunakan sebagai benteng pertahanan, tahun 1830-1945 digunakan sebagai markas militer Belanda, dan tahun1945-1977 digunakan sebagai markas Militer Republik Indonesia.

Dengan biaya masuk hanya sebesar 2rb untuk dewasa dan 1rb untuk anak kalian bisa menikmati berbagai macam peninggalan zaman kemerdekaan serta diorama yang menampilkan miniature suasana pada zaman itu, fasilitas museum Benteng Vrederburg cukup lengkap, diantaranya seperti Perpustakaan, Ruang Pertunjukan, Ruang Seminar, Hotspot gratis, mushola, wc umum dan warung makan. Ada coffeshop juga loh disana, pada waktu tertentu sering juga ada pameran kesenian. Jadi ga ada alasan buat kalian ga nyobain tempat ini yaa.

author
No Response

Leave a reply "Menengok Tempat Wisata Bersejarah di Jogja (Museum Benteng Vedeburg)"