7 Wisata Jogja Terdekat Dari Malioboro

No comment 50 views

Kota Jogja menawarkan wisata dengan lokasi yang saling berdekatan. Jaraknyapun bisa ditempuh hanya dengan jalan kaki saja. Aku ingin mencoba sharing ke kalian tempat wisata terdekat dari malioboro. kenapa sih malioboro? ya karena malioboro adalah pusat dari Kota Jogja. Untuk memulai estafet wisata di sekitar malioboro dibutuhkan kondisi yang fit karena jika kalian lemas. kalian akan mudah bosan berkeliling mengksplore wisata yang ada di kota jogja itu sendiri. baiklah tanpa menunggu waktu lama lagi aku akan coba  sharing ke kalian tempat wisata mulai dari yang terdekat

  1. Pasar Beringharjo

Pasar ini merupakan tempat wisatata berbelanja terbesar di Jogja, mulai dari kuliner, pernak pernik, hingga pakaian batik khas jogja dijual di sana, Harganyapun bervarian, dari yang murah sampai mahal pun ada disana. Yang palik asik adalah kita bisa menawar harga dan pilihan modelnya pun banyak loh.

Untuk bisa menuju pasar beringharjo sangatlah mudah. kalian tinggal lurus ke arah selatan. dan pasar tersebut berada di posisi kiri jalan.

 

  1. Museum Benteng Vrederburg

Setelah kalian puas berbelanja di Pasar Beringharjo, cobalah melanjutkan perjalanan lagi keaarah selatan, karena tepat disebelah selatan kalian akan menemukan  sebuah beteng besar dengan warna putih sebagai dominasi warna temboknya. Yap, itu adalah Museu Benteng Vrederburg. Bangunan yang dahulunya digunakan sebagai basis pertahanan Belanda kini berubah menjadi sebuah museum yang menyimpan berbagai macam peninggalan masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, kalian akan menemukan diorama-diorama yang mengisahkan tentang kehidupan serta momen pada masa penjajahan sampai Indonesia meraih Kemerdekaan. Dengan harga tiket masuk yang murah kalian bisa merasakan berwisata sekaligus belajar mengenai sejarah Bangsa kita.

Oh iya, jika kalian gemar membaca, tepat di Timur bangunan ini ada pasar buku loh. Cocok buat kalian yang ingin berburu buku langka hingga yang terbaru. Selain itu juga ada Taman Pintar, yaitutaman Edukasi Pendidikan milik Pemerintah Yogyakarta yang bisa kalian nikmati juga. Untuk masuk ke lokasi tidak berbayar, akan tetapi untuk bisa masuk ke dioramanya berbayar.

 

  1. Nol KM Jogja

Masih belum puas menjelajah? Kaki masih kuat? Oke kalian bisa menuju kea rah selatan dari Museum Benteng Vrederburg tadi, yaitu Nol KM Yogyakarta. Disitu adalah titik nol kilometernya jogja loh gaes. Kalian bisa berfoto ria dengann background bangunan lawas peninggalan belanda dan menikmati hiruk pikuknya Kota Jogja.

 

  1. Kraton Yogyakarta

Sesudah puas berfoto ria di Nol KM Yogyakarta kalian bisa menuju kea rah selatan Lagi dan kalian akan menemui sebuah lapangan dengan 2 ringin ditengahnya, serta bangunan besar khas jawa di sebelah selatan dari pohon beringin tersebut. Nah itu adalah Kediaman dari Rajanya Jogja, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Kraton Yogyakarta diperbolehkan buat dimasuki wisatawan di bagian tertentu. Kraton ini merupakan ikon kota Jogja. Jika kalian masuk Kraton kalian bisa menikmati suasana di dalam kerajaan sekaligus bisa melihat-lihat benda pusaka, pakaian kerajaan, kereta kencana miliki Kraton Yogyakarta. Jika kalian bingung, dan pengen ada guide, disana aka nada guide dari abdi dalem kraton yang siap melayani kalian semua dalam memberikan informasi mengenai kraton jogja. Kurang enak apa coba. Ditemenin sama abdi dalem kraton loh hehe

Tempat ini merupakan tempat yang wajib kalian datengin kalo berlibur di Jogja yah. Biar kalian bisa tau info menarik mengenai sejarah dan budaya Jogja. Apakah kalian sudah capek? Aku yakin belum, tapi pastilah kalian lapar karena seharian berkeliling. Dan kalian bisa mencoba datang ke tempat selanjutnya.

 

  1. Sentra kuliner Gudeg Wijilan

Yap pusatnya gudeg  Jogja. Sudah tau kan kalo makanan khas Jogja itu Gudeg? Disini nih tempatnya. Tepat di timur Kraton Jogja. Disana kalian akan menemukan penjual Gudeg yang berjejeran. Dan kalian tinggal pilih deh mau makan di warung gudeg yang mana. hehe

 

  1. Istana Pemandian Raja Taman Sari

Jika kalian masih ingin menjelajah karena belum petang, cobalah mengunjungi Istana Pemandian Raja Taman Sari. Aku sih sering menyebutny dengan Taman Sari. Disana kalian bisa menikmati keindahan arsitektur kuno yang unik serta pemandian raja yang bisa bikin mata kita seger dan pengen nyebur.. eeh tapi jangan, disitu ga boleh buat nyebur loh. kita Cuma boleh melihatnya saja. Itu aja udah cukup. Dan jika kalian pengen ada guide yang bisa menjelaskan sejarah serta informasi yang akurat tentang tamansari, disana juga ada kok. Asik kan?

Lokasi tamansari ada di barat daya kraton Jogja. Kalian tidak akan susah mencarinya karena papan petnjuk jalan disana cukup banyak dan kalian bisa bertanya ke penduduk sekitar bila kalian bingung arah.

 

  1. Alun-alun kidul

Malam adalah waktu yang tepat untuk datang ke tempat ini. Alun-alun kidul sering disebut dengan Alkid oleh orang jogja. tempat ini adalah pelataran dari Kraton Jogja di bagian selatan. Kalian bisa menikmati suasana malam yang seru dengan menyewa mobil odong-odong yang gemerlap. Penjual aneka makanan bertebaran di sana menjamin anda tidak akan kelaparan karena bingung cari tempat makan.

 

Seru kan main di kota jogja? Sehari aja kalian bisa puas mengelilingi daerah kota tanpa menyewa kendaraan. Cukup jalan kaki saja sudah sampai, kalau kalian capek bisa sewa becak atau andhong biar lebih seru. Hehe. Cukup sekian ceritaku. Bila kalian pengen Tanya le bih lanjut, bisa komen dibawah. Insyaallah aku balesin deh. makasii

 

author
No Response

Leave a reply "7 Wisata Jogja Terdekat Dari Malioboro"